Minggu, 04 Maret 2012

Cepat Deteksi Diri

Rembang – Penyebaran Virus HIV/AIDS di Kab. Rembang semakin meluas. Periode awal tahun 2012, kembali ditemukan 6 orang penderita HIV baru.

Jika ditotal sejak tahun 2004 lalu sampai sekarang sudah ada 103 penderita, 65 orang diantaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Rembang, Sutedjo menjelaskan sementara ini kaum laki laki lebih banyak terjangkit HIV/AIDS, dibandingkan kaum perempuan.

Ada rumus ABCDE, untuk menghindari serangan virus mematikan tersebut. A berarti abstain tidak melakukan hubungan sex bebas, B bersikap setia dengan pasangan, C cegah pakai kondom apabila terpaksa, D dihindari penggunaan jarum suntik bersama sama saat menggunakan Narkoba dan E edukasi kepada keluarga maupun masyarakat sekitar, untuk membudayakan perilaku hidup sehat.

Sutedjo menambahkan bisa saja jumlah penderita HIV/AIDS lebih banyak, tak sesuai dengan data yang dimiliki Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang.

Sering kali penderita merasa malu, kemudian mengasingkan diri, sehingga enggan berobat. Justru hal itu akan memperparah kondisi penderita.

Ia menghimbau masyarakat yang mulai merasakan gejala demam tinggi, sakit kepala, merasa cepat lelah dan kelenjar getah bening membesar pada bagian leher, untuk segera datang berobat ke dokter.

Setelah sistem kekebalan melemah, biasanya berat badan penderita HIV/AIDS menurun dan kehilangan memori jangka pendek.

Untuk penanganan, sampai sekarang penderita HIV mendapatkan pasokan obat gratis dari rumah sakit yang telah ditunjuk pemerintah, yakni RS Suwondo Pati.

Tidak ada komentar: