Minggu, 04 Maret 2012

3 Ruas Diprioritaskan


Jalan raya Landoh – Sumber rusak parah, tepatnya di desa Megulung Kec. Sumber.

Rembang – Tiga ruas jalan antar kecamatan akan menjadi prioritas perbaikan, karena tingkat kerusakannya tergolong cukup parah.

Ketiga ruas jalan tersebut masing masing jalur Landoh – Sumber terdapat 17 titik kerusakan, ruas jalan Sulang – Sumber 14 titik, sedangkan jalan raya Sulang – Gunem hanya ada 4 titik kerusakan.

Tetapi perawatan jalan tidak dianggarkan dalam APBD induk tahun 2012, sehingga masyarakat harus bersabar.

Wakil Bupati Rembang, Abdul Hafidz, Senin pagi (05 Maret 2012) menjelaskan pihaknya baru akan memasukkan pos dana perawatan jalan pada APBD Perubahan. Lantaran menyedot anggaran cukup besar, Pemkab akan melakukan perbaikan secara bertahap.

Abdul Hafidz menambahkan ia sengaja keliling sendiri memantau kerusakan jalan, termasuk mengetahui langsung jalan desa Megulung Kec. Sumber yang dipasangi tonggak kayu, karena terdapat lubang menganga.

Bukan berarti pemerintah lepas tangan, justru berpikir keras, bagaimana kerusakan cepat teratasi. Tak hanya mengandalkan dana daerah yang terbatas, tetapi juga mencari sumber anggaran lain di tingkat provinsi maupun pusat. Menurutnya kondisi jalan di Kab. Rembang masih menang jauh, apabila dibandingkan dengan ruas jalan di Kab. Blora dan Pati.

Kepala Desa Grawan Kec. Sumber, Wasiman menyambut baik komitmen Pemkab Rembang yang akan memprioritaskan perbaikan jalan Landoh – Sumber.

Sudah berulang kali jalan rusak memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu, juga rawan tindak kejahatan.

Untuk kerusakan berat, masyarakat sekitar sudah berupaya menguruk lubang dengan tanah. Tetapi tidak bertahan lama, karena iring iringan truk pengangkut pasir setiap malam, nyaris tak ada putusnya.

Tidak ada komentar: